Cara menghilangkan bercak air setelah cuci mobil

Cara menghilangkan bercak air setelah cuci mobil

Hal yang sering dilupakan setelah mencuci mobil adalah membersihkan bercak air pencucian. Setelah dicuci jangan langsung meninggalkan mobil Anda. Coba diamkan selama 5 menit lalu goyangkan mobil tersebut, perhatikan di beberapa sudut akan turun tetesan air. Inilah hal yang sering luput dari perhatian kita saat mencuci mobil, sisa air setelah pencucian ternyata tersembunyi di celah antara panel, dan air itu akan mulai turun ketika mobil bergerak.

Mungkin terlihat sepele tapi jika didiamkan terus menerus akan menimbulkan bercak air yang kalau terus dibiarkan akan sulit untuk dihilangkan. Dimana saja sih sisa-sisa air ini bersembunyi? Berikut ulasannya.

Atap mobil

Kebanyakan mobil sekarang memang sudah tidak menggunakan talang air di sisi atap, namun potensi timbul bercak air tetap besar. Terurama pada jalur pembuangan air yang menuju kaca depan-belakang. Sama seperti bodi mobil, bercak air juga dapat timbul pada kaca mobil, jadi keringkanlah dengan teliti sela antara roof rail dan jalur pembuangan air.

Sela-sela pintu mobil

Disinilah potensi terbesar tetesan air berkumpul setelah pencucian mobil. Ada dua sisi yang harus diperhatikan, pertama di pintu mobil itu sendiri. Berikutnya pada bodi mobil tempat pertemuan dengan pintu.

Handel pintu mobil

Coba gerakkan handel pintu mobil, segera lap tetesan air di balik handel pintu tersebut

Wiper mobil

Memang biasanya tetesan air tidak terlihat di sekitar wiper, namun lama-lama akan merusak karet wiper dan dapat menimbulkan jamur pada kaca mobil. Angkat gagang wiper dan bersihkan seluruh bagiannya dari tetesan air.

Spion samping mobil

Ketuk secara pelan spion samping mobil agar tetesan air turun, dan segera keringkan.

Kap mesin mobil

Jangan remehkan bagian ini karena tetesan yang masuk ke dalam mesin dapat menyebabkan karat, karena rongga antara bodi dengan kap mesin cukup untuk membuat air masuk.

Jendela samping mobil

Tetesan air yang tersisa biasanya tersembunyi di celah antara karet penyangga dan kaca. Cara mudahnya turun naikkan kaca, ketika air menempel pada kaca saat diturun-naikkan segera lap dengan kain bersih / kain microfiber.

Emblem logo mobil

Bagian ini biasanya hanya dibersihkan sepintas, tapi sebenarnya cukup member potensi air bersembunyi di baliknya. Ketuk pelan agar tetesan air keluar semua, dan keringkan.

Sekian tips cara menghilangkan bercak air setelah cuci mobil semoga bermanfaat.