Cara membersihkan merawat Jok Mobil Kain atau Beludru

Cara membersihkan merawat Jok Mobil Kain atau Beludru

Banyak orang khawatir memiliki mobil dengan jok berlapis fabric dan beludru susah perawatannya, padahal justru sebaliknya metode perawatannya mudah dan cepat.

Namun yang perlu diperhatikan jok dengan bahan kain (fabric) dan beludru memang mesti rajin melakukan perawatan. Debu yang masuk ke kabin dapat dengan mudah menempel di pelapis jok jenis ini.
Belum lagi noda cair seperti minuman yang tumpah harus segera ditangani, karena kalau sudah meresap akan sulit untuk dibersihkan. Celakanya banyak pemilik mobil yang menganggap merawat jok berbahan fabric dan beludru itu sulit.


Padahal tidak perlu khawatir, hanya membutuhkan waktu yang sebentar dan peralatannya pun tersedia  di berbagai toko car care.

Salah satunya adalah New Fabric Seat Cleaner keluaran Soft99 dari Jepang. Cairan pembersih jok kain yang satu ini sudah include dengan sikat lembut di kemasannya, jadi Anda tidak perlu mecari sikat lagi.

Dan juga New Fabric Seat Cleaner tidak hanya sekedar membersihkan, tetapi juga membunuh kuman dan menghilangkan bau tak sedap. Juga menjaga kursi bersih untuk waktu yang lama. Anda juga dapat menggunakannya untuk membersihkan kursi mobil anak.
Keistimewaan lainnya dari pembersih jok ini adalah dengan busa berukuran mikron akan menghilangkan kotoran dengan cepat. Mengandung bahan sterilant, sehingga jok akan terbebas dari bakteri dan bersih. Mengandung flavonid untuk menghilangkan bau yang melekat pada jok.



Ada baiknya sebelum menggunakan cairan pembersih jok kain ini Anda melakukan penyedotan debu terlebih dahulu menggunakan vaccum cleaner, agar partikel kecil yang tak kasat mata di sela-sela kain bisa terangkat.
Selanjutnya baru bersihkan noda yang tidak bisa diangkat vacuum cleaner tersebut dengan cairan pembersih noda di jok mobil beludru yang sudah kita siapkan tadi.

Pertama kocok kaleng kemasan sebelum pemakaian, semprotkan pada kotoran di jok dari jarak kira-kira 20 cm. Kemudian biarkan selama 1 – 2 menit, lalu lap dengan kain kering sampai benar-benar kering.
Jika kotoran belum hilang, gosok perlahan dengan sikat yang ada pada tutup kaleng kemasan, kemudian lap busa dengan lap basah. Jika kotoran masih belum hilang, lakukan 2 sampai 3 kali.


Satu hal yang perlu diperhatikan untuk jok bahan beludru. Setelah menyemprotkan cairan pembersih, coba usap perlahan dengan sikat. Perhatikan arah bergeraknya bulu-bulu beludru. Jika bulu-bulu ini terangkat, artinya Anda salah arah dalam menyikatnya. Namun jika bulu-bulu tetap tidur, berarti Anda sudah benar.

Penting untuk mengetahui arah pegerakan sikat untuk mengantisipasi tercabutnya bulu-bulu halus dari beludru karena serat beludru bersifat sensitif. Usahakan untuk tidak menyentuhnya jika tidak terpaksa. Sedikit goresan kuku cukup untuk merusak seratnya.